Rabu, 05 September 2018

Kekurangan Nutrisi (Malnutrisi)

Apa saja kekurangan nutrisi?

Tubuh membutuhkan banyak vitamin dan mineral yang sangat penting untuk perkembangan tubuh dan mencegah penyakit. Vitamin dan mineral ini sering disebut sebagai mikronutrien. Mereka tidak diproduksi secara alami di dalam tubuh, jadi Anda harus mendapatkannya dari diet Anda.

Kekurangan nutrisi terjadi ketika tubuh tidak menyerap atau mendapatkan dari makanan sejumlah nutrisi yang diperlukan. Kekurangan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Ini bisa termasuk masalah pencernaan, gangguan kulit, pertumbuhan tulang kerdil atau cacat, dan bahkan demensia.

Jumlah masing-masing nutrisi yang harus Anda konsumsi tergantung pada usia Anda. Di Amerika Serikat, banyak makanan yang Anda beli di toko kelontong - seperti sereal, roti, dan susu - diperkaya dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk mencegah defisiensi nutrisi.

Tetapi kadang-kadang tubuh Anda tidak dapat menyerap nutrisi tertentu bahkan jika Anda mengonsumsinya. Mungkin saja kekurangan nutrisi apa pun yang dibutuhkan tubuh Anda.

Terus membaca untuk belajar tentang beberapa kekurangan gizi umum dan bagaimana menghindarinya.
Kekurangan zat besi

Defisiensi nutrisi yang paling luas di seluruh dunia adalah defisiensi besi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Ini adalah kelainan darah yang menyebabkan kelelahan, kelemahan, dan berbagai gejala lainnya.

Zat besi ditemukan dalam makanan seperti sayuran hijau gelap, daging merah, dan kuning telur. Ini membantu tubuh Anda membuat sel darah merah. Ketika Anda kekurangan zat besi, tubuh Anda menghasilkan lebih sedikit sel darah merah. Sel darah merah yang dihasilkannya lebih kecil dan lebih pucat daripada sel darah yang sehat. Mereka juga kurang efisien dalam mengirimkan oksigen ke jaringan dan organ Anda.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 30 persen penduduk dunia menderita anemia. Banyak dari orang-orang ini menderita anemia karena kekurangan zat besi.

Faktanya, itu adalah satu-satunya kekurangan nutrisi yang lazim di negara berkembang dan negara industri. Anemia defisiensi besi mempengaruhi begitu banyak orang yang sekarang secara luas diakui sebagai epidemi kesehatan masyarakat.
Kekurangan vitamin A.

Vitamin A adalah kelompok nutrisi yang penting untuk kesehatan mata dan fungsi dan kesehatan reproduksi pada pria dan wanita. Ini juga berperan dalam memperkuat sistem kekebalan terhadap infeksi.

Menurut WHO, kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan yang dapat dicegah pada anak-anak. Wanita hamil yang kekurangan vitamin A juga memiliki tingkat kematian ibu yang lebih tinggi.

Beta carotene adalah nutrisi yang berfungsi sebagai antioksidan. Itu ditemukan dalam warna merah, oranye, kuning, dan hijau gelap. Beta karoten dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh saat dibutuhkan.

Untuk bayi yang baru lahir, sumber terbaik vitamin A adalah ASI. Untuk orang lain, penting untuk mengonsumsi banyak makanan yang kaya akan vitamin A. Ini termasuk:

    susu
    telur
    sayuran hijau, seperti kale, brokoli, dan bayam
    sayuran oranye, seperti wortel, ubi jalar, dan labu
    buah berwarna kuning kemerahan, seperti aprikot, pepaya, persik, dan tomat

Defisiensi tiamin (vitamin B-1)

Kekurangan nutrisi umum lainnya terjadi dengan tiamin, juga dikenal sebagai vitamin B-1. Tiamin adalah bagian penting dari sistem saraf Anda. Ini juga membantu tubuh Anda mengubah karbohidrat menjadi energi sebagai bagian dari metabolisme Anda.

Kurangnya tiamin dapat menyebabkan:

    penurunan berat badan
    kelelahan
    kebingungan
    kehilangan ingatan jangka pendek

Kekurangan tiamin juga dapat menyebabkan kerusakan saraf dan otot dan dapat mempengaruhi jantung.

Di Amerika Serikat, kekurangan tiamin paling sering terlihat pada orang dengan penggunaan alkohol yang berlebihan. Alkohol mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap tiamin, menyimpan tiamin dalam hati, dan mengubah tiamin menjadi bentuk yang bermanfaat. Kekurangan tiamin adalah penyebab umum sindrom Wernicke-Korsakoff. Ini adalah bentuk demensia.

Banyak sereal sarapan dan produk biji-bijian di Amerika Serikat diperkaya dengan tiamin. Sumber-sumber tiamin lainnya yang baik meliputi:

    telur
    kacang-kacangan
    gila
    biji
    bibit gandum
    Babi

Kekurangan Niacin (vitamin B-3)

Niasin adalah mineral lain yang membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Itu juga dikenal sebagai vitamin B-3.

Kekurangan yang parah pada niacin sering disebut sebagai pellagra. Niacin ditemukan pada sebagian besar protein hewani tetapi juga pada kacang tanah. Akibatnya, kondisi ini jarang terjadi di negara-negara industri atau di komunitas pemakan daging.

Gejala pellagra termasuk diare, demensia, dan gangguan kulit. Anda biasanya dapat mengobatinya dengan diet seimbang dan suplemen vitamin B-3.

Beli suplemen vitamin B-3.
Kekurangan folat (vitamin B-9)

Vitamin B-9 membantu tubuh membuat sel darah merah dan menghasilkan DNA. Itu sering disebut sebagai folat. Folat juga membantu perkembangan otak dan fungsi sistem syaraf. Asam folat adalah bentuk sintetis yang ditemukan dalam suplemen atau makanan yang diperkaya.

Folat sangat penting untuk perkembangan janin. Ini memainkan peran penting dalam pembentukan otak anak berkembang dan sumsum tulang belakang. Kekurangan folat dapat menyebabkan cacat lahir yang parah, masalah pertumbuhan, atau anemia.

Anda dapat menemukan folat dalam makanan berikut:

    kacang dan kacang lentil
    Buah sitrus
    sayuran hijau berdaun
    asparagus
    daging, seperti unggas dan babi
    kerang
    produk biji-bijian yang diperkaya
    gandum utuh

Sementara kacang-kacangan dapat memberikan sejumlah besar folat, kandungan folat dalam kacang kalengan kira-kira setengah dari yang dimasak, biji kering yang ditawarkan.

Kebanyakan orang di Amerika Serikat cukup mendapat folat. Tetapi wanita hamil dan wanita usia subur terkadang tidak cukup mengonsumsi folat untuk kehamilan yang sehat.

National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan bahwa wanita yang hamil atau yang hamil mengonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat setiap hari - di atas dan di atas folat yang mereka peroleh dari makanan secara alami - untuk membantu mencegah cacat lahir.

Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa beberapa orang memiliki mutasi genetik yang mencegah tubuh mereka dari memetilasi folat, atau mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan tubuh. Dalam kasus ini, sementara asupan folat mungkin cukup, suplemen folat termetilasi mungkin diperlukan untuk mencegah defisiensi.
Kekurangan Cobalamin (vitamin B-12)

Vitamin B-12 adalah vitamin B yang bertanggung jawab untuk membantu tubuh dalam membuat sel darah merah yang sehat. Kekurangan vitamin ini adalah umum di antara orang-orang yang:

    adalah vegan
    telah menjalani operasi lambung
    berusia lebih dari 60 tahun
    menderita diabetes dan mengambil metformin (Glucophage)
    memiliki sejarah panjang penggunaan antasida
    tidak memiliki faktor intrinsik

Faktor intrinsik adalah protein transpor yang disekresikan oleh sel-sel perut. Ia mengikat B-12 dan membawanya ke usus kecil untuk absorpsi. Ini adalah cara tubuh mampu menyerap dan memanfaatkan B-12.

Asupan kalsium yang cukup saat makan diperlukan untuk faktor intrinsik untuk membantu dalam penyerapan B-12 di usus kecil.

Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan anemia pernisiosa. Ini adalah jenis anemia yang disebabkan oleh penurunan kemampuan untuk menyerap B-12 secara efisien. Anemia pernisiosa lebih sering terjadi pada orang-orang dengan gangguan autoimun dan penyakit inflamasi atau pencernaan.

Gejala defisiensi vitamin B-12 meliputi:

    kelelahan dan kelemahan pada ekstremitas
    pusing
    sesak napas
    penurunan berat badan
    mual atau nafsu makan yang buruk
    lidah sakit, merah, atau bengkak
    kulit pucat atau kekuningan

Jika tidak diobati terlalu lama, defisiensi vitamin B-12 dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sistem saraf. Gejala yang lebih parah termasuk:

    kesulitan berjalan
    kelemahan otot
    sifat lekas marah
    demensia
    depresi
    Hilang ingatan

Dokter Anda dapat memesan berbagai tes darah untuk memeriksa kekurangan vitamin B-12. Tes darah dapat memeriksa:

    kadar vitamin B-12
    asam methylmalonic
    antibodi faktor intrinsik

Perawatan dapat diberikan dalam berbagai cara, termasuk:

    meningkatkan sumber vitamin B-12 dalam diet
    mengkonsumsi suplemen vitamin B-12
    menerima suntikan vitamin B-12
    transfusi darah

Vitamin B-12 umumnya ditemukan dalam daging merah dan produk hewani. Sumber-sumber vegetarian termasuk susu berbahan dasar tanaman yang diperkaya dan ragi gizi.
Kekurangan vitamin D.

Menurut Harvard School of Public Health, sekitar 1 miliar orang di dunia tidak mendapat cukup vitamin D. Orang dengan warna kulit lebih gelap memiliki risiko kekurangan vitamin D yang lebih tinggi.

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Ini membantu tubuh mempertahankan kadar kalsium yang tepat untuk mengatur perkembangan gigi dan tulang. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan pertumbuhan tulang yang terhambat atau buruk. Osteoporosis, disebabkan oleh kekurangan kalsium dan vitamin D, dapat menyebabkan tulang berpori dan rapuh yang mudah pecah.

Vitamin D hanya ditemukan secara alami dalam beberapa makanan. Makanan dengan vitamin D termasuk:

    minyak hati ikan
    ikan gendut
    jamur
    kuning telur
    hati

Banyak produk susu dan susu tanaman di Amerika Serikat diperkaya dengan vitamin D.

Sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari. Menurut NIH, beberapa penelitian menunjukkan bahwa 5 hingga 30 menit paparan sinar matahari siang dua kali seminggu pada wajah, lengan, leher, atau punggung dapat memberi Anda cukup vitamin D.

Meski disarankan, tabir surya memang menghalangi penyerapan vitamin D dari sinar matahari melalui kulit. Luangkan beberapa menit di bawah sinar matahari sebelum tabir surya untuk penyerapan vitamin D yang optimal.

Kekurangan kalsium

Kalsium membantu tubuh Anda mengembangkan tulang dan gigi yang kuat. Ini juga membantu jantung, saraf, dan otot Anda bekerja sebagaimana mestinya.

Kekurangan kalsium sering kali tidak langsung menunjukkan gejala, tetapi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dari waktu ke waktu. Jika Anda tidak mengonsumsi cukup kalsium, tubuh Anda mungkin menggunakan kalsium dari tulang Anda sebagai gantinya. Ini menyebabkan tulang keropos.

Sementara beberapa ahli percaya bahwa kekurangan kalsium mungkin terkait dengan massa tulang yang rendah dan melemahnya tulang karena osteoporosis, itu adalah topik yang banyak diperdebatkan. Menurut WHO, bukti mendukung pentingnya kalsium dengan vitamin D untuk kesehatan tulang pada populasi yang lebih tua. Bukti lebih lemah untuk populasi yang lebih muda.

Penelitian studi populasi oleh WHO juga mengungkapkan bahwa negara-negara dengan asupan kalsium yang lebih rendah tidak memiliki tingkat penyakit tulang yang tinggi. Tetapi negara-negara dengan asupan kalsium yang lebih tinggi memiliki tingkat patah tulang pinggul lebih tinggi. Di negara-negara ini, seperti Amerika Serikat, asupan protein tinggi dan kurangnya olahraga dapat berkontribusi pada status kalsium yang buruk dan kesehatan tulang.

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kejang dan irama jantung yang abnormal. Ini bahkan dapat mengancam jiwa. Wanita pascamenopause mengalami kehilangan tulang yang lebih besar karena perubahan hormon dan memiliki lebih banyak kesulitan menyerap kalsium.

Sumber kalsium terbaik adalah:

    produk susu, seperti susu, yogurt, dan keju
    Tahu set kalsium
    ikan kecil dengan tulang

Sayuran seperti kangkung dan brokoli juga mengandung kalsium. Banyak sereal dan biji-bijian diperkaya kalsium.
Apa yang menyebabkan kekurangan nutrisi?

Penyebab utama defisiensi nutrisi termasuk pola makan yang buruk yang kekurangan nutrisi penting, penyakit atau obat yang mengganggu penyerapan, atau keduanya. Tubuh mampu menyimpan beberapa nutrisi, sehingga kekurangan tidak dapat ditangkap sampai tubuh telah tanpa nutrisi untuk beberapa waktu.

Sejumlah penyakit dan kondisi dapat menyebabkan kekurangan zat besi. Ini termasuk:

    kanker usus besar
    flora usus tidak seimbang
    Penyakit Crohn
    Penyakit celiac

Kehamilan juga dapat menyebabkan kekurangan zat besi jika tubuh mengalihkan zat besi ke janin.

Para peneliti telah menemukan hubungan antara operasi bariatric, yang mengurangi ukuran perut untuk mencapai penurunan berat badan, dan kekurangan nutrisi.

Orang-orang yang kandidat untuk operasi bariatrik mungkin sudah kekurangan gizi karena diet yang buruk. Bicaralah dengan dokter dan ahli diet sebelum dan sesudah operasi untuk menyiapkan rencana nutrisi menyeluruh.
Apa saja gejala defisiensi nutrisi?

Gejala-gejala kekurangan nutrisi tergantung pada gizi yang tidak dimiliki tubuh. Namun, ada beberapa gejala umum yang mungkin Anda alami. Ini dapat termasuk:

    pucat, atau kulit pucat
    kelelahan
    kelemahan
    kesulitan bernapas
    mengidam makanan yang tidak biasa
    rambut rontok
    periode ringan kepala
    sembelit
    kantuk
    palpitasi jantung
    merasa pingsan atau pingsan
    depresi
    kesemutan dan mati rasa pada sendi
    masalah menstruasi, seperti periode yang tidak terjawab atau siklus yang sangat berat
    konsentrasi yang buruk

Anda dapat menampilkan semua gejala ini atau hanya kelompok dari mereka.

Seiring waktu, kebanyakan orang beradaptasi dengan gejalanya. Ini dapat menyebabkan kondisi tidak terdiagnosis. Jadwalkan pemeriksaan dengan dokter Anda jika Anda mengalami periode kelelahan, kelemahan, atau konsentrasi yang lama. Gejala-gejala ini bisa menjadi tanda awal defisiensi yang serius.
Bagaimana cara defisiensi nutrisi didiagnosis?

Dokter Anda akan mendiskusikan diet dan kebiasaan makan Anda dengan Anda jika mereka mencurigai Anda memiliki kekurangan nutrisi. Mereka akan menanyakan gejala apa yang Anda alami. Pastikan untuk menyebutkan apakah Anda pernah mengalami konstipasi atau diare, atau apakah darah sudah ada dalam tinja Anda.

Defisiensi nutrisi Anda juga dapat didiagnosis selama tes darah rutin, termasuk hitung darah lengkap (CBC). Ini sering bagaimana dokter mengidentifikasi anemia.

 Bagaimana cara penanganan defisiensi nutrisi?

Perawatan untuk defisiensi nutrisi tergantung pada jenis dan tingkat keparahan defisiensi. Dokter Anda akan mencari tahu seberapa parah kekurangan itu serta kemungkinan masalah jangka panjang yang disebabkan oleh kurangnya nutrisi.

Sebelum memutuskan rencana perawatan, mereka dapat memesan pengujian lebih lanjut untuk melihat apakah ada kerusakan lain. Gejala biasanya memudar ketika diet yang benar diikuti atau nutrisi ditambahkan.
Perubahan pola makan

Seorang dokter mungkin menyarankan Anda tentang cara mengubah kebiasaan makan Anda dalam kasus kekurangan kecil. Misalnya, orang-orang dengan anemia defisiensi besi harus memasukkan lebih banyak daging, telur, daging gelap, sayuran, dan kacang-kacangan dalam makanan mereka.

Dokter Anda mungkin merujuk Anda ke ahli diet jika defisiensi Anda lebih parah. Mereka mungkin menyarankan untuk menyimpan buku harian makanan selama beberapa minggu. Ketika Anda bertemu dengan ahli diet, Anda akan pergi ke buku harian dan mengidentifikasi perubahan apa pun yang harus Anda lakukan.

Biasanya, Anda akan bertemu dengan ahli diet Anda secara teratur. Akhirnya, Anda mungkin melakukan tes darah untuk mengonfirmasi bahwa Anda tidak lagi kekurangan.
Suplemen

Pedoman diet resmi Amerika Serikat menyarankan agar Anda mendapatkan sebagian besar nutrisi dari makanan. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu mengonsumsi suplemen atau multivitamin. Anda juga mungkin perlu mengonsumsi suplemen tambahan untuk membantu tubuh Anda menyerap suplemen, seperti mengonsumsi kalsium dan vitamin D bersama.

Frekuensi dan dosis suplemen tergantung pada seberapa parah kekurangannya. Dokter atau ahli diet Anda dapat menentukan ini.

Bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen nutrisi apa pun.
Administrasi parenteral

Dalam kasus yang sangat parah - seperti ketika kekurangan gizi tidak merespons obat oral atau vitamin - mungkin perlu memberi nutrisi secara parenteral, atau melalui vena atau otot. Ini dapat membawa risiko efek samping tambahan. Biasanya dilakukan di rumah sakit.

Besi parenteral, misalnya, dapat menyebabkan efek samping yang meliputi:

    panas dingin
    sakit punggung
    pusing
    demam
    nyeri otot
    pingsan

Dalam kasus yang jarang terjadi, itu bahkan dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah.

Setelah Anda diberi perawatan, dokter akan meminta Anda melakukan tes darah ulang untuk mengonfirmasi keberhasilannya. Anda mungkin perlu menghadiri rumah sakit untuk janji ulang hingga Anda tidak lagi kekurangan.
Akankah kekurangan nutrisi menyebabkan masalah jangka panjang?

Sebagian besar masalah yang disebabkan oleh defisiensi nutrisi berhenti setelah Anda tidak lagi kekurangan. Namun dalam beberapa kasus, mungkin ada kerusakan yang berlangsung lama. Ini biasanya hanya terjadi ketika defisiensi sudah parah dan sudah berlangsung lama.

Misalnya, defisiensi tiamin yang berkepanjangan dapat dikaitkan dengan pertumbuhan terhambat atau depresi. Kekurangan nutrisi pada anak-anak dapat menjadi serius dan mengarah pada hasil kesehatan negatif yang langgeng.

Jika Anda mengalami gejala dan khawatir bahwa Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi tertentu, bicarakan dengan dokter Anda. Mereka dapat mendiskusikan diet Anda dengan Anda dan membantu Anda mengetahui apakah Anda harus membuat beberapa perubahan pola makan atau mulai mengonsumsi suplemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar